Eksistensi dan Peran Bank Sampah Walidah dalam Pengelolaan Sampah di Kelurahan Tembesi, Sagulung, Batam

Authors

  • Kusmanto Community Development Officer SOR I Batam
  • Hamidah Armaini

DOI:

https://doi.org/10.55381/jpm.v1i4.49

Keywords:

Bank Sampah, Lingkungan, Sampah

Abstract

Pendirian Bank Sampah Walidah tidak semata-mata dilakukan untuk menjaga lingkungan namun juga meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga yang dihasilkan sehingga tidak berdampak buruk bagi lingkungan dan juga kesehatan, serta kebersihan. Di sisi lain, pemerintah memiliki keterbatasan dalam pengelolaan sampah jika tidak didukung oleh partisipasi masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana eksistensi bank sampah dalam membantu pengelolaan sampah rumah tangga di Kelurahan Tembesi, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa pengelolaan bank sampah memberikan banyak manfaat terhadap masyarakat sekitar, lingkungan menjadi nyaman, asri, hijau, dan meningkatkan produktivitas masyarakat dan pengurus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asteria, Donaa & Heruman, Heru. (2016) Bank Sampah sebagai Alternatif Strategi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Tasikmalaya. Jurnal Manusia dan Lingkungan 23 (01): 136-141.

Creswell, John.W. (1997). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Thousand Oaks California: Sage.

Danial, Endang dan Nanan Wasriah. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan.

Muanifah, Suciati & Cahyani, Yenni. (2021). Pengelolaan Bank Sampah dalam Menumbuhkan Peluang Usaha Nasabah Bank Sampah. Jurnal Scientific Journal of Reflection: (Economic, Accounting, Management and Business), 4(01): 150-159.

Nisa, Siti Zahrotun & Saputro Dedy Riyadin. (2021). Pemanfaatan Bank Sampah sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Masyarakat di Kelurahan Kebonmanis Cilacap. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM Bantenese), 03 (02): 89-103.

Sarfiah, Sudati Nir & Juliprijanto. (2017). Manfaat Bank Sampah bagi Masyarakat di Dusun Semali Desa Salamkanci Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang (Studi Bank Sampah Semali Berseri): 165-184.

Selomo, Makmur & Birawida, Agus Bintara, dkk. (2016). Bank Sampah sebagai Salah Satu Solusi Penanganan Sampah di Kota Makassar. Jurnal MKMI, 12 (04): 232-240.

Sugiyono (Editor: Endang Mulyatiningsih, M.Pd). (2006). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta

Suryani, Anih Sri. (2014). Peran Bank Sampah dalam Efektivitas Pengelolaan Sampah (Studi Kasus Bank Sampah Malang). Jurnal Aspirasi, 5(01): 71-84.

Raco, J.R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Grasindo

Valentine, Theresia. (2019). Peran Bank Sampah dalam Pengelolaan Sampah sebagai Upaya Pencegahan Pencemaran Lingkungan di Kota Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-10-04