Konservasi Ekosistem Mangrove Education Center (MEC) untuk Penanganan Bencana Abrasi dalam Perspektif Stakeholder Engagement

Authors

  • Tahsa Ayu Seva PT Kilang Pertamina Internasional RU II Production Sungai Pakning
  • Wahyu Purwanto CSR Department PT Kilang Pertamina Internasional RU II Production Sungai Pakning
  • Miftah Faridl Widhagdha

DOI:

https://doi.org/10.55381/jpm.v1i1.4

Keywords:

abrasi, konservasi, pembelajaran ekosistem mangrove, stakeholder engagement

Abstract

Masyarakat Pesisir di Desa Pangkalan Jambi hidup di area pesisir yang rawan terjadi abrasi. Kerawanan ini terjadi karena adanya faktor dari alam yaitu fenomena hidrodinamika yang diperburuk dengan rusaknya ekosistem mangrove dan akibat aktivitas manusia yang bersifat destruktif Fenomena ini menciptakan situasi rawan abrasi di Kawasan pesisir Desa Pangkalan Jambi yang ditandai dengan penurunan garis di pesisir desa hingga 115m. Penelitian ini bertujuan untuk merestorasi dan melestarikan ekosistem mangrove di pesisir desa. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan kerangka konseptual stakeholder engagement. Penelitian ini difokuskan untuk menganalisis program konservasi Kawasan mangrove yang digagas oleh CSR PT Pertamina RU II Sungai Pakning bermitra dengan berbagai pemangku kepentingan seperti pemerintah daerah dan juga organisasi masyarakat. Kegiatan yang dilakukan untuk melestarikan Kawasan pesisir mangrove di Desa Pangkalan Jambi dimulai dari praktik penanaman mangrove dengan menggunakan Hybrid Engineering dan Triangle Mangrove Barriers (Trimba), serta mengembangkan Kawasan Mangrove Education Center (MEC) sebagai Kawasan wisata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dachi, C. S., et al. (2020). Penerapan Stakeholder Engagement dalam Corporate Social Responsibility: Studi Kasus Pada Rumah Sakit Mata X. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 8(2), 291-306.

Dewi, A., et al. (2020). Studi Kasus Program CSR PT. Pertamina RU II Sungai Pakning pada Program Revitalisasi Kawasan Mangrove di Provinsi Riau.

Hidayat, R., et al. (2021). Sinergi Atasi Pandemi. Surakarta: Arjuna Wijaya.

Ichsan, A. C., et al. (2017). Peran pemangku kepentingan dalam pelaksanaan model desa konservasi di Taman Nasional Gunung Rinjani. Jurnal Analisis Kebijakan Kehutanan, 14(1), 47-59.

Purwanto, W., et al. (2021). Study of Abrasion Management in Pangkalan Jambi Village, Bengkalis District. SHEs: Conference Series. 3(1), 133-139.

Purwanto, W., et al. (2020). Permata Hijau Pesisir Gambut. Surakarta: Arjuna Wijaya Karya.

Social Development Studies Center (Sodec) UGM. (2020). Laporan Studi Social Return On Investment Program CSR PT Pertamina RU II Sungai Pakning.

Downloads

Published

2022-01-24