Implementasi Program Desa Seirama sebagai Upaya Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Pertamina Gas South Sumatera Area

Authors

  • Maulana Rizky Wijaya PT Pertamina Gas South Sumatera Area
  • Humaira

DOI:

https://doi.org/10.55381/jpm.v1i4.55

Keywords:

Desa Seirama (Sejuk Indah Ramah Lingkungan), Pemberdayaan Masyarakat, Budidaya Ikan Air Tawar, CSR

Abstract

Implementasi program CSR merupakan komitmen perusahaan untuk wilayah di sekitar perusahaan. Pertamina Gas memiliki sebuah Program CSR yang dinamakan Desa Seirama (Sejuk Indah Ramah Lingkungan) yang terletak di Desa Cambai, Kecamatan Cambai, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan. Program CSR diisi dengan kegiatan seperti pelatihan, pemberian infrastruktur, serta pemberdayaan masyarakat. Program ini bertujuan untuk memberikan daya, keterampilan, dan kemampuan perusahaan bagi masyarakat. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan program dan kegiatan CSR yakni perencanaan berdasarkan kajian Pemetaan Sosial lalu melakukan diskusi bersama dengan masyarakat guna memastikan potensi dan masalah yang ada di masyarakat. Setelah melakukan hal tersebut ada beberapa program yang dapat dikembangkan lalu dilakukan implementasi program serta melakukan monitoring dan evaluasi. Program tersebut berupa pengembangan budidaya ikan air tawar, pakan alternatif maggot, hidroponik, dan pengelolaan sampah. Capaian dari budidaya ikan air tawar kelompok mendapatkan peningkatan kapasitas dalam pengelolaan budidaya ikan serta meningkatkan kualitas ikan, penggunaan pakan alternatif yang mampu menekan biaya pakan hingga 50%. Pengembangan budidaya maggot BSF ini juga dapat membantu pegurangan sampah organik yang ada di masyarakat, serta hasil panen maggot yang dapat menambah pendapatan kelompok. Hasil dari kegiatan hidroponik juga dapat menjadikan salah satu pendapatan tambahan bagi kelompok. Kegiatan pengelolaan sampah saat ini sudah menjalin kerjasama dengan perumahan untuk melakukan layanan pengambilan sampah, selain itu juga sampah botol plastik yang kelompok dapatkan dibuat menjadi filter Ipal yang sudah berkerjasama dengan Dinas Permukiman Kota Prabumulih. Hasil dari penjualan filter Ipal memberikan pendapatan tambahan bagi kelompok. Program yang direncanakan hingga tahun 2023 diharapkan mampu membuat masyarakat lebih mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azir, A., H. Harris , dan R. N. K. Haris. 2017. Produksi dan kandungan Nutrisi Maggot (Chrysomya megacephala) menggunakan komposisi media kultur berbeda.

Moleong, Steven Adam J. 1999. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rachmawati, R., Buchori, D., Hidayat, P,. Hem, S., & Fahmi, M. R. 2015. Perkembangan dan Kandungan Nutrisi Larva Hermetia illucens (Linnaeus) (Diptera: Stratiomyidae) pada Bungkil Kelapa Sawit. Jurnal Entomologi Indonesia, 7(1), 28.

Soetomo. 2012. Pemberdayaan Masyarakat Mungkinkan Muncul Antitesisnya?. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sudarsana. 2018. Tinjauan Teoritis Tentang Implementasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Dialektika Masyarakat: Jurnal Sosiologi, 83-104.

Undang-undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas

Wibisono, Yusuf. 2007. Membedah Konsep & Aplikasi CSR (Corporate Social Responsibility). Jakarta:PT Gramedia

Downloads

Published

2022-10-04